Bagian-bagian Menu Google Sheets Beserta Fungsinya #Basic 3

Table of Contents

Menjelaskan tentang user interface atau bagian-bagian serta menu Google Sheets beserta fungsinya dilengkapi dengan gambar untuk pemula.

Setelah mengenal Google Sheets dan manfaat Google Sheets sekarang kita akan berkenalan dengan user interface atau tampilan antar muka Google Sheets. Mengetahui fungsi bagian-bagian Google Sheets ini penting supaya produktifitas kita dalam menggunakan Google Sheets dalam membantu kita bekerja menjadi lebih optimal.

User Interface Google Sheets lebih sederhana menurut saya, jika dibandingkan dengan Microsoft Excel, jadi jika kamu sudah familiar dengan Excel tentu saja tidak akan kesulitan beradaptasi dengan tampilan dan menu-menu yang ada. Pada artikel kali ini kita akan bahas itu, berikut adalah bagian-bagian utama pada cloud sheets.


Start Screen Pada Google Sheets

Untuk mengakses google sheets kamu bisa masuk ke link sheets.google.com dan kamu akan disuguhkan start screen seperti berikut:

Tampilan Start Screen ini tidak ada yang rumit, dan tergolong sangat sederhana. Dibagian atas tersedia menu untuk menampilkan berbagai aplikasi Google Spreadsheet diantaranya Dokumen, Spreadsheet, Slide serta Formulir. DIbagian selanjutnya akan kamu dapati tempat untuk mencari sheets yang sudah pernah kamu buat sebelumnya.

Masuk kesebelah kanan seperti biasa ada menampilkan profil dari akun google kita, dan di bagian utamanya ada berbagai sheets yang sudah kita jalankan, dan tampilannya bisa kita sesuaikan mau tampilan daftar atau grid seperti pada contoh gambar diatas.

Untuk membuat lembar baru di Google Sheets, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Google Sheets Kamu di sheets.google.com.
  2. Klik Baru Plus (+) yang berada di kanan bawah layar laptop kamu. Ini akan membuat dan membuka spreadsheet baru Kamu.
  3. Atau cara yang lebih simple Kamu juga dapat membuat spreadsheet baru dari URL sheets.google.com/create.
  4. Tampilannya akan terlihat seperti berikut:
    Bagian-bagian Menu Google Sheets Beserta Fungsinya #Basic 3 Tampilan Utama Google Sheets

Dihalam tersebut kamu bisa menyesuaikan sheetnya dibagian bawah dan menambah sheetnya dengan menekan tombol (+) yang berada disebalah kiri pada halaman tersebut dan Di bagian atas, ada bilah menu dengan berbagai opsi untuk memformat, mengedit, dan mengelola spreadsheet Kamu.


Aplication Windows Pada Google Sheets

Setelah berhasil membuka Blank Sheets pertama kamu, maka Kamu akan mendapatkan tampilan aplikasi yang kurang lebih semacam dibawah ini.

Bagian-bagian Menu Google Sheets Beserta Fungsinya #Basic 3 Klik gambar jika kurang terlihat

Untuk tulisan "Untitled spreadsheet" bisa kamu sesuaikan dengan nama sheet yang kamu inginkan. Dan beberapa bagian lainnya memiliki keterangan seperti berikut:

  • Di bagian atas, ada bilah menu dengan berbagai opsi untuk memformat, mengedit, dan mengelola spreadsheet Kamu. Pada bagian ini kamu bisa eksplore banyak hal terkait pengaturan format file, Edit, Tampilan, Data dan lain-lain.
  • Toolbar tepat di bawah bilah menu berisi ikon untuk tugas umum seperti Saving, Undo, dan Redo. Bagian ini adalah bagian yang paling sering saya gunakan dalam mengoperasikan Google Spreadsheet ini.
  • Ini dalah bagian Menu Editor, jadi jika kamu mengetikkan sesuatu bahkan rumus akan muncul dibagian ini. Area jaringan utama adalah tempat Kamu akan memasukkan dan memanipulasi data Kamu.
  • Bagian ni akan muncul hasil tulisan, rumus, angka dan lain-lain yang kamu tuliskan disini.
  • Kolom kiri berisi nomor baris, sedangkan baris atas berisi huruf kolom.

Untuk memahami berbagai menu di spreadsheet tersebut, Kamu dapat mencoba setiap menu satu per satu tanpa khawatir akan kesalahan atau hal lainnya. Untuk meningkatkan keahlian, Kamu perlu praktik berdasarkan contoh kasus yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin Kamu lakukan.


Penjelasan Bilah Menu

#1. Menu File
  • Buka: Untuk membuka file spreadsheet yang sudah ada atau membuat spreadsheet baru.
  • Simpan: Untuk menyimpan perubahan pada spreadsheet.
  • Unduh: Untuk mengunduh spreadsheet dalam berbagai format (misalnya, Excel, PDF).
  • Histori Versi: Untuk melihat versi sebelumnya dari spreadsheet.
  • Setelan: Untuk mengatur spreadsheet di gunakan di lokasi mana dan zona waktu kamu, biasanya akan memengaruhi detail pemformatan seperti fungsi, tanggal, dan mata uang..
  • Cetak: Untuk mencetak spreadsheet.
#2. Menu Edit
  • Potong, Salin, Tempel: Untuk mengelola data di sel..
  • Hapus: Untuk menghapus data atau sel..
  • Cari dan Ganti: Untuk mencari dan mengganti teks dalam spreadsheet.
#3. Menu Tampilan
  • Potong, Salin, Tempel: Untuk mengelola data di sel..
  • Hapus: Untuk menghapus data atau sel..
  • Cari dan Ganti: Untuk mencari dan mengganti teks dalam spreadsheet.
#4. Menu Sisipkan
Bagian-bagian Menu Google Sheets Beserta Fungsinya #Basic 3
  • Sheet: Untuk menambahkan lembar baru ke spreadsheet.
  • Sel, Baris, Kolom: Untuk menambahkan masing-masing fungsi sesuai kebutuhan.
  • Tabel Pivot: Untuk mebuat pivot tabel sesuai data yang kita inginkan.
#5. Menu Format
  • Tema: Untuk mengganti tampilan pada sel.
  • Angka, Teks, Perataan, Pengemasan, Rotasi: Untuk mengatur format sel.
#6. Menu Data
  • Validasi Data: Untuk menambahkan validasi data, termasuk dropdown list.
  • Filter, Sortir: Untuk mengelola data.

Pada artikel ini saya belum akan menjelaskan lebih detail, kita hanya akan pengenalan saja, untuk lebih lanjutnya nanti kita akan praktek pada artikel selanjutnya. Karena ada beberapa fitur unggulan yang belum kita bahas pada artikel ini. Semoga berguna dan salam Google Sheets.